Menu Header

Sunday, December 20, 2009

Dasar Teknologi Web



Inilah blok diagram dasar bagaimana suatu proses eksekusi pada teknologi web. Saya mendapatkan materi ini saat mengikuti trainning calon pegawai XYBASE dengan trainer oleh bapak Daniel Tan dari PATIMAS dimana satu alliansi di Sofware Asian Alliance(SAA). Karena background pendidikan saya elektronika dan instrumentasi sehingga bingung kuadrat saat memahaminya . Bisa karena biasa, akhirnya saya bisa menguasai teknologi web ini bertahap.

Seperti terlihat diatas dalam dunia teknologi web terdapat tiga bagian teknologi web yaitu web browser, application server dan database server.

1. Web browser
web browser adalah program aplikasi untuk browsing di internet pada sisi client.
Apa browser yang Anda gunakan?
Internet Explorer, FireFox, Safari
Di sisi browser digunakan bahasa HyperText Markup Language(HTML) yang merupakan standar bahasa pada browser.
kaya gimana sih bahasa HTML?
Kalau lagi buka web..silahkan klik kanan -> Pilih View Page Source
Akan terlihat kode-kode..ya seperti itulah bahasa HTML
ini format secara umum HTML :



      Selain itu ada tambahan bahasa untuk meningkatkan fungsi/behaviour pada halaman web yaitu script seperti JavaScript dan Visual Basic(VB) Script. Jadi script fungsinya seperti mempermudah pengaturan behaviour yaitu pengaturan action ketika tomnol diklik, dropdown diklik, mengetik di textbox dan sebagainya.
Javascript yang ditempelkan pada bahasa HTML. Oh ya hati-hati setiap versi javascript menyesuaikan dengan versi browser . Ada browser yang tidak mendukung javascript.
     Dulu ada bahasa applets yang merupakan aplikasi bahasa java pada web browser tetapi sekarang sudah tidak laku alias sudah jarang digunakan karena membuat aplikasi web bergerak lambat . Hal ini terjadi karena applets merupakan bahasa java yang harus dieksekusi oleh Java Virtual Machine(JVM) sehingga memperlambat akses web tersebut.

2. Application Server
Server? apaan tuh?
Bisa diarikan pusat atau sumber. Jadi application server berarti sisi yang punya web site.
Pada sisi server ada dua teknologi kerangka kerja(framework) yang terkenal yaitu .NET(dot NET) dari Microsoft dan Java Entreprise Edition(JEE) dari SUN Microsystems
Apa itu FRAMEWORK?
sederhananya, framework adalah kumpulan library yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempermudah perbuatan program aplikasi web.
Bedanya kalau pakai .NET microsoft bayar sedangkan kalau JEE SUN open source alias gratis.
Pada framework .NET kebanyakan menggunakan bahasa C# dan Visual Basic(VB) NET. Pada .NET  menggunakan Active Server Pages(ASP) sebagai web dinamis.
        Karena JEE merupakan open source sehingga banyak framework yang dikembangkan oleh masyarakat. Ketika saya trainning, kami diajarkan sedikit tentang framework STRUTS. Saya mengerjakan project pelaporan pajak online Malaysian Good and Service Tax(MYGSET) menggunakan framework STRIPSE. Hmm menurut saya framework stripse sangatlah mudah dipahami. Mungkin yang sering dipakai dua framework tersebut tetapi sebetulnya masih banyak lagi framework yang dikembangkan pada JEE. Untuk menandingi ASP pada .NET, framework JEE menggunakan Java Server Pager(JSP) sebagai web dinamisnya.

3. Database Server
    Ya di sini lah sisi sumber data-data yang kita gunakan. Bahasa yang digunakan pada database adalah Structured Query Language(SQL). Masing - masing database hampir sama pemakaian bahasa SQLnya.
seperti open source ada MySQL dan ORACLE sebagai raja database komersil. Berikut ini sedikit gambaran tentang instruksi bahasa SQL yang not case sensitive(tidak memperhatikan huruf kapital maupun kecil) :

SELECT DATA RETRIEVAL
INSERT
UPDATE
DELETE

DATA MANIPULATION LANGUAGE (DML)
COMMIT
ROLLBACK
TRANSACTION CONTROL
GRANT
REVOKE
DATA CONTROL LANGUAGE (DCL)

 hmm nulis apa lagi ya? bingung neh..
 Mungkin cukup sekian dulu. Sudah lebih cukup bagi seorang beginer. Ya begitulah saudara-saudara inti dasar teknologi web yang terbagi menjadi tiga sisi yaitu web browser, application server dan database server.
Semoga bermanfaat tulisanku ini . Terbuka kritik dan sarannya .

No comments: